ads

Sarung bantal sekarang ini motifnya bermacam-macam, ada yang motif lucu-lucu seperti gambar kartun dan motif standar seperti bunga-bunga. Bagi Anda yang mempunyai waktu lebih, dapat mencoba memuat sarung bantal sendiri dengan bahan kain perca atau dapat juga Anda berkreasi dengan menggunakan bahan bekas lainnya. Misalnya saja, Anda dapat membuat sarung bantal dari kaos yang sudah tidak dipakai. Pada kesempatan kali ini, akan diberikan cara buat sarung bantal hiasan dengan menggunakan kain perca dan kaos usang yang sudah tidak dipakai.

Cara Buat Sarung Bantal Hiasan

  • Membuat sarung bantal dengan menggunakan kain perca - Kain perca atau kain kecil sisa jahitan atau industri pembuatan baju dapat Anda manfaatkan untuk membuat kain sarung bantal. Bahan dan alat yang Anda perlukan untuk membuat sarung bantal dengan menggunakan kain perca adalah:
  1. Kain perca katun
  2. Gunting, benang, meteran, penggaris, jarum pentul, dan jarum jahit
  3. Busa angin
  4. Renda atau biku-biku
  5. Perekat, dan
  6. Mesin jahit

Adapun cara membuatnya yaitu:
  • Potonglah 8 motif kain perca yang berbeda dengan ukuran 20 x 20 cm, kemudian siapkan biku-biku sepanjang 40 cm dan busa angin 20 x 20 cm. Ukuran ini dapat Anda sesuaikan dengan ukuran bantal Anda di rumah.
  • Satukan ke-8 kain perca tersebut dengan mesin jahit sehingga membentuk 2 persegi yaitu ukuran 20 x 20 cm, kemudian pasangkan biku-biku diatas jahitan sambungan.
  • Lapisi kain percaya yang sudah dijahit tadi dengan busa angin kemudian satukan dan pasangkan ritsleting pada bagian atas yang tidak dijahit.
  • Membuat sarung bantal dengan menggunakan kaos bekas - Selain dengan menggunakan kain perca, Anda juga dapat memanfaatkan kaos yang sudah tidak digunakan lagi, caranya yaitu:
  1. Pilih kaos yang sudah tidak digunakan dengan motif yang menarik, kemudian potong pada bagian lehernya. Ukuran kaos yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan ukuran bantalnya.
  2. Karena dengan menggunakan kaos, tentunya jahitan yang perlu Anda tambahkan sedikit. Anda hanya perlu menjahit bagian leher yang tadi di potong. Anda juga dapat menambahkan renda pada bagian tepinya agar terlihat lebih bagus.
  3. Setelah itu, lipat bagian bawah kaos sepanjang 1/3 atau disesuaikan dengan panjang bantalnya. Jahit dengan menggunakan tangan atau mesin jahit bagian dalam yang dilipat tadi.
  4. Tambahkan ritsleting pada bagian bawah kaos. Sarung bantal hiasan dari kaos sudah jadi.

Bagaimana, mudah bukan cara buat sarung bantal hiasan? Anda bisa mencobanya di rumah, tidak perlu membuat sarung bantal dengan ukuran yang terlalu besar. Cobalah dengan ukuran yang kecil terlebih dahulu, misalnya sarung bantal untuk sofa. Mungkin saja mulai dari sekedar iseng bisa menjadi peluang bisnis yang dapat menghasilkan pemasukan tambahan untuk Anda dan keluarga.

Post a Comment