Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Apakah Kesehatan Mental penting? Sehat secara mental adalah perasaan nyaman dengan diri sendiri. Jika kesehatan mental kita terganggu, maka suasana hati kita akan menjadi risau, tidak enak, galau dan hal ini akan mengakibatkan kita susah tidur dan mudah lelah. Jika kesehatan mental kita terganggu dan lama kelamaan akan berakibat pada kesehatan fisik kita yang dapat menyebabkan gangguan kekebalan tubuh.  Banyak faktok yang dapat menganggu kesehatan mental kita, biasanya disebabkan oleh masalah di kehidupan yang kita alami seperti, masalah keuangan, asmara, pekerjaan, dll. Apalagi dalam keadaan pandemi covid-19 seperti ini, ada saja hal-hal yang menyebabkan ganngguan mental terhadap diri kita. Penting sekali untuk dipahami bahwa bukan hanya kesehatan fisik saja yang penting, tapi juga kesehatan mental. Dan bisanya jika kita mengalami gangguan kesehatan mental maka kita akan jadi cepat marah.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Lalu apa saja cara agar mental kita tetap sehat?
  • Beraktifitas di ruang terbuka
Bergerak secara aktif terbukti dapat melepas hormon-hormon di otak yang akan membuat kita merasa senang. Maka luangkanlah menikmati waktu di ruang terbuka, sperti jalan-jalan ke sawah atau pantai, atau tempat terbuka lainnya yang dikelilingi pepohonan dan udara segar. Hal ini secara dapat mengangkat sedikit banyak tingkat stress dalam pikiran dan mengisi kembali energi dalam tubuh kita.

  • Tidur yang cukup dan teratur
Kurang tidur dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan, termasuk kecemasan, gangguan mental, stress, depresi dan melemahkan sistem imun. Maka cobalah tidur yang teratur setiap hari, dan lakukannlah kebiasaan yang baik untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.
  • Berpikir positif
Sangat penting untuk selalu berpikir positif terhadap orang lain dan menjaga perasaan kita dari buruk sangka. Karena dapat membuat hubungan sosial kita menjadi tidak harmonis. Jadi selalu bepikir positiflah menjaga keharmonisa kehidupan sosial kita.
  • Berinteraksi dengan keluarga
Keluarga adalah obat terbaik untuk mengembalikan semangat saat kita menghadapi masalah atau tekanan kehidupan. Keluarga sangatlah penting karena memberikan rasa cinta kasih, dan memberikan dukungan tanpa syarat dalam setiap kondisi, baik dalam suka maupun duka
  • Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi
Pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu kita menjaga kekebalan tubuh dan menambah konsentrasi daya ingat. Makanan sehat dapat menyehatkan fungsi otak sehingga bisa meningkatkan kesehatan mental. Jika kita senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi, kita akan terhindar dari risiko kerusakan otak di kemudian hari. Selain itu makanan sehat sehat dan bergizi nan lezat dapat membuat seseorang jadi lebih bahagia. 
  • Tertawalah
Luangkanlah waktu dengan teman-teman atau keluarga untuk sekedar ngopi, nobar yang bisa membuat suasana menjadi lucu dan santai. Karena tertawa membantu kita mengurangi rasa cemas dan gelisah.
  • Olah raga
Dengan dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit. Karena tubuh kita perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsingnya. Olahraga teratur juga memiliki peran baik untuk meningkatkan daya pikir. Buah dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya. Maka cobalah mulai berolahraga selama 10-30 menit setiap harinya yang kita dapat lakukan disekitar rumah kita.
  • Berkonsultasi pada ahlinya
Banyak sekali dokter online untuk melepaskan masalah yang sedang kamu alami. Dengan aplikasi Halodoc yang memudahkan kita  untuk berkonsultasi dengan dokter dengan mendatanginya.  Dangan menggunaka aplikasi HaloDoc sangat praktis dan aman. Kita tidak perlu ke luar rumah untuk membeli kebutuhan medis. Sehingga kita tidak usah khawatir jika kita akan mengalami gangguan kesehatan mental terhadap apa yang telah kita alami. 
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental
HaloDoc

Dengan Halodoc kita bisa langsung chat dokter, beli obat, cek lab dan kunjungan rumah sakit. Fitur Halodoc juga paling lengkap se-Indonesia, jadi Pakai Halodoc jangan tunggu sakit, pas sehat, tetap menggunakan fitur aplikasi Halodoc untuk bantu kita tetap sehat fisik dan mental kita.

0 Response to "Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental"

Posting Komentar