ads

Buah manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Kulit buahnya yang berwarna ungu begitu indah dipandang, daging buahnya yang berwarna putih dengan rasa yang begitu manis membuat siapapun enggan untuk melewatkannya. Hanya saja, masyarakat belum begitu peduli dengan kulit buah manggis. Padahal, kulit buah eksotis ini kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beragam khasiat buah manggis untuk kesehatan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Baca Juga : Khasiat Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan




Kulit Buah Manggis
Kulit Buah Manggis
  1. Kecantikan - Buah manggis kaya akan kandungan zat antioksidan yang khasiatnya melebihi vitamin C maupun vitamin E. Dengan rutin mengkonsumsi ekstrak kulit manggis setiap harinya, bukan tidak mungkin kecantikan kulit Anda akan semakin meningkat dan semakin percaya diri saat beraktivitas di keseharian.

  2. Memperbaiki Sel yang Rusak - Kulit buah manggis efektif untuk memperbaiki sel yang mengalami kerusakan. Tidak hanya memperbaiki sel yang telah rusak, ekstrak kulit buah manggis berkhasiat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Hal ini disebabkan buah manggis kaya akan kandungan antioksidan Xanthone, antioksidan terbanyak dalam kulit manggis. Dengan rutin mengkonsumsi ekstrak kulit buah manggis, bukan tidak mungkin Anda akan semakin tampak awet muda dan terhindar dari beragam penyakit.

  3. Mengatasi Penyakit Jantung - Berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan organ jantung seperti gagal jantung, jantung koroner, dan aterosklerosis dapat diatasi dan dicegah dengan rutin mengkonsumsi ekstrak kulit buah manggis. Hal ini disebabkan oleh kandungan Xanthone, zat kimia alami yang termasuk senyawa polyhenolic yang tinggi dalam kulit buah manggis. Zat kimia alami tersebut terbukti secara medis efektif mengatasi beragam penyakit.

  4. Mencegah Penyakit Kanker - Kulit buah manggis kaya akan kandungan antioksidan, seperti Xanthone, garsinon, mangostin, flavonoid, gartanin, dan spingomyolinase. Beragam antioksidan tersebut terbukti secara medis dapat merangsang sel kanker untuk melakukan pemusnahan dirinya sendiri atau yang disebut dengan apoptosis. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam kulit buah manggis efektif untuk mencegah perkembangan sel kanker. Hal ini disebabkan oleh sifat kulit buah manggis sebagai antiproliferasi. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, Anda akan merasakan khasiat kulit buah manggis untuk kesehatan tubuh.

  5. Pengganti Kemoterapi - Khasiat kulit manggis dapat digunakan sebagai pengganti metode pengobatan kemoterapi. Seperti yang telah banyak diketahui, metode pengobatan kemoterapi mempunyai efek samping yang merugikan, yakni menyebabkan kerontokan rambut dan melemahkan daya tahan tubuh. Dengan khasiat ekstrak kulit buah manggis yang dapat mencegah kanker dan tidak menimbulkan efek samping, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti metode pengobatan kemoterapi.

Post a Comment